evden eve nakliyatdepolamadepolamaevden eveevden eve nakliyat firmalarınakliyeistanbul evden eve nakliyatevden eve nakliyatnakliyatdepolama

Kantor Arsip Universitas Sumatera Utara  mengikuti Temu Wawasan #2 PAPTI (Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi Indonesia) Best Practice Arsip Universitas Gajah Mada (UGM) dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Maret 2021.

Webinar ini diselengarakan secara blended (online dan offline) yang diikuti oleh anggota Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi Indonesia. Turut hadir diantaranya Kepala Kantor Arsip Universitas Sumatera Utara Ibu Aisyah, SE., M.Si. Webinar tersebut di buka langsung oleh Ketua Umum PAPTI Bapak Prof. Dr. Nandang Alamsah, M.Hum

WhatsApp Image 2021 04 12 at 210442

Kepala Kantor Arsip Universitas Sumatera Utara Ibu Aisyah, SE., M.Si.

Temu Wawasan #1 dilaksanakan pada bulan Februari dengan menampilkan Arsip Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di bawah pimpinan Dr. Budi Santoso, M.Si sekaligus badan pengawas dari Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi Indonesia.

Pemateri pada Acara tersebut yaitu Drs. Supriyanto M.P.A anggota Dewan Pengawas PAPTI dan Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Universitas Gadjah Mada dengan Materi Kerja Arsip UGM dalam masa pandemi. Melalui kegiatan webinar ini mengajak semua untuk diskusi dan berbagi pengalaman dalam kerja arsip pada masa pandemi.

Screenshot 2Pemateri Bapak Drs. Supriyanto M.P.A

WhatsApp Image 2021 04 12 at 210723

Materi Kerja Arsip UGM dalam Masa Pandemi

Selain melaksanakan pekerjaan rutin pengelolaan arsip, Arsip UGM juga melakukan program penyelamatan arsip covid-19. Sejak awal pandemi, Arsip UGM telah melakukan upaya merekam dan menyelamatkan informasi dan arsip tentang penanganan pandemi oleh UGM.

Dengan adanya arsip Perguruan Tinggi ini kemajuan perguruan tinggi menjadi signifikan sebagai penyangga perguruan tinggi yang menyejukan dan mempresentasikan ketenangan sehingga arsip tertib dan sebagai leader evendence.

 WhatsApp Image 2021 04 12 at 210721

 

 

Kantor Arsip Universitas Sumatera Utara  mengikuti Webinar Nasional Bersertifikat: Kolaborasi Kantor Arsip Universitas Padjajaran dengan Komisi Informasi Jawa Barat dengan tema “Arsip Digital Sebagai Bagian Dari Upaya Melaksanakan Keterbukaan Informasi Pada Masa Pandemi Covid-19.”  Pada hari Senin, 5 April 2021.

Webinar ini diselenggarakan melalui Zoom dan disiarkan melalui Youtube. Turut hadir diantaranya Kepala Kantor Arsip Universitas Sumatera Utara Ibu Aisyah, SE., M.Si. dan  diikuti oleh berbagai instansi baik Perguruan Tinggi, Kementerian dan Arsiparis seluruh Indonesia. Adapun webinar tersebut dibuka langsung oleh Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Bapak H. Ijang Faisal, S.Ag., M.Si. dan kata sambutan dari  Kepala Kantor Arsip UNPAD N. R. Anita Trikusumawati, SE., MM.

Pemateri pada Acara tersebut yaitu Dr. Andi Kasman, SE., MM Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia dengan Materi “Pengembangan Budaya E-Arsip dalam Masa New Normal”, Hendra J. Kede Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat RI dengan Materi “Arsip Bagian dari Dokumen Informasi Publik.”, Erwin Kustiman, S.S, S.Sos., M.Ikom Corporate Secretary Pikiran Rakyat dengan Materi “Corporate Secretary Pikiran Rakyat”, Yoseph Ismail Nurhasan, ST., MT Staf Direktorat Perencanaan dan Sistem  Informasi UNPAD dengan Materi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Upaya Mengarsipkan Kejadian Bencana Alam (Covid 19).

Screenshot 1

Webinar Nasional ini diselenggarakan dalam rangka mewujudkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan yang memiliki keterkaitan dan sangat relevan.

WhatsApp Image 2021 04 12 at 210540

Menurut Hendra J. Kede Wakil Ketua Komisi Informasi Pusat RI “Arsip itu adalah tulang punggung terlaksananya Keterbukaan Informasi Publik sebagai jaminan terlayaninya hak asasi dan hak konstitusional atas informasi”.

WhatsApp Image 2021 04 12 at 210635

WhatsApp Image 2021 04 12 at 210307

 

Rabu 12 Februari 2020, Kantor Arsip Unversitas Sumatera Utara menenerima kunjungan dari Mahasiswa Sastra Melayu FIB USU. Kunjungan kali ini bertujuan memperdalam mata kuliah Manajemen Record dan Arsip yang diampu oleh Ibu Himma Dewiyana.

Raisa Dwi Safitri, S.S.I. dan Luknah Uyuni, S.Sos sebagai petugas arsip menjelaskan tata cara pengelolaan arsip universitas di ruang pertemuan kantor arsip. Pemaparan dimulai dari penjelasaan Instrumentasi Arsip berupa Peraturan Rektor, Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, JRA dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip. Pemaparan dilanjutkan dengan menjelaskan secara singkat pengelolaan arsip dinamis dan statis, dimulai dari arsip diciptakan sampai arsip dimusnahkan.

duaaaaa


Dijelaskan juga perihal kedudukan dan kerjasama antar Kantor Arsip USU dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Seperti pemusnahan arsip harus memiliki ijin dan perwakilan dari dari ANRI. Perbaikan kerusakan arsip yang disebabkan oleh kebanjiran, bencana dan sebagainya, ANRI masih memiliki peran penting untuk memperbaikinya.

tigaaaa


Pertanyaan juga datang dari salah satu pengunjung, "Apakah salah satu contoh Arsip Vital dan perbedannaya dengan arsip statis?". dijelaskan bahwa contoh Arsip Vital adalah sertifikat bangunan dan tanah, denah lokasi kampus dan arsip vital sudah tentu arsip statis dan arsip statis tidak hanya arsip vital.

Kunjungan dilanjutkan dengan memperkenalkan tempat-tempat penyimpanan arsip yang ada di kantor arsip seperti filling kabinet, rak dan roll o pack. Dipraktekkan juga tata cara menyimpan arsip dimasing-masing jenis penyimpanan arsip dan perbedaan dari setiap jenisnya.

empattttt

(arsip/araf)

Kantor Arsip Universitas Sumatera Utara telah menggelar kegiatan Training of Trainer (ToT) Online Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Universitas Sumatera Utara yang berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 10 – 11 November 2020 yang diadakan di Universitas Sumatera Utara secara daring/online.

Kegiatan dibuka pada pukul 09.00 dengan kata sambutan sekaligus pembukaan oleh Sekretaris Universitas, Universitas Sumatera Utara Bapak Prof. Dr. dr. Farhat, M.Ked (ORL-HNS), Sp.T.H.T.K.L.(K) yang diwakilkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Sekretaris Universitas Ibu Suharti, SH

 

Pembukaan 1

 

Training of Trainer (ToT) Online Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) Universitas Sumatera Utara menghadirkan dua narasumber yaitu Ibu Dra. Sulistyowati., M.M selaku Koordinator Penyelenggaraan Kearsipan pada Perguruan Tinggi, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Politik dan Perseorangan dari Arsip Nasional Republik Indonesia dan Bapak Tasdik Eko Pramono, S.Kom., M.T selaku Pranata Komputer Muda Arsip Nasional Republik Indonesia.

 

Pemateri I

 Pemateri II

 

Pemaparan materi I tentang pengantar arsip dinamis oleh Ibu Dra. Sulistyowati., M.M dan pemaparan materi II tentang pengelolaan aplikasi SIKD oleh Bapak Tasdik Eko Pramono, S.Kom., M.T yang dimoderatori oleh Kepala Sub Bagian Kesekretariatan Tata Usaha Universitas Sumatera Utara yakni Ibu Dr. Feni Khairifa, S.Sos., M.A.

 

Moderator

 

Training of Trainer (ToT) Online Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) diselenggarakan dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan/pemahaman dasar  kepada seluruh peserta untuk mengenal aplikasi SIKD, guna mendukung pengelolaan arsip serta meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam pengelolaan arsip di lingkungan USU. Mengingat hal ini penting sekali untuk kita lakukan, khususnya di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk berkegiatan secara virtual, aplikasi SIKD dapat memudahkan proses pengelolaan arsip dan penyimpanannya tetap dapat berjalan dengan lancar dan berharap kepada seluruh peserta Training of Trainer (ToT) Online untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan mengikutinya dengan perhatian penuh.

 

Foto Bersama

 

Peserta webinar merupakan perwakilan dari satuan kerja, lembaga dan fakultas di Lingkungan Universitas Sumatera Utara. Tercatat di hari pertama sebanyak 59 Peserta  dan hari kedua sebanyak 62 peserta yang mendaftar melalui google form dan mengisi daftar hadir pada saat kegiatan berlangsung.

International Conference on Archives, Social Science, Humanities and Education (ICoASHE) 2018, yang diselenggarakan oleh USU dari 20 hingga 22 April 2018 dan berlangsung di Ballroom Emerald International Hotel Medan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekjen Kementrian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, Prof. Ainun Na’im, Ph D, MBA, Wakil Wali Kota Medan, Ir H Achyar Nasution, M Si, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Dr Mustari Irawan, MPA dan Ketua Umum Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi (PAPTI), Prof Dr Nandang, AD, SH, M Hum.

Konferensi Internasional ini menghadirkan beberapa pembicara yang mengetengahkan materi terkait pengelolaan kearsipan. Di antaranya, Prof dr Charles Jeurgens dari Universiteit Van Amsterdam-Netherlands, Putu Laxman Pendit, Ph D dari Royal Melbourne Institute of Technology-Australia, Dato’ Azemi Abdul Aziz (Director General National Archieves Advisory Committee Malaysia, Rektor USU yang diwakili oleh Sekretaris Universitas, Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT KL (K), Kepala Arsip Universitas Indonesia, Ir Anom Mirmani, SS, MIM-Arc/Rec, Direktur Administrasi Umum ITB, Dra Binarti Dyah Pertiwi, MH, Wakil Rektor IV Universitas Padjajaran, Dr Sigid Suseno, SH, M Hum dan Wakil Rektor II Universitas Diponegoro, Dr Darsono, SE Akt, MBA dan Staf Ahli Rektor USU, Dr A. Ridwan Siregar, M Lib.

Menurut Prof Runtung, arsip merupakan bukti otentik yang harus didokumentasikan dengan baik, terkait perannya dalam memberi dukungan terhadap tertib administrasi dan kelancaran pengambilan keputusan, tak terkecuali bagi perguruan tinggi. Rektor mengapresiasi Kepala Kantor Pusat Arsip USU, Himma Dewiyana, ST, M Hum, yang bertindak sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan, terkait berbagai kegiatan kearsipan yang digelarnya, baik dalam lingkungan internal USU maupun pada tataran nasional dan internasional.

Rektor USU juga berharap konferensi dapat menghasilkan gagasan dan pemikiran-pemikiran baru yang terkait dengan penyelenggaraan dan pengelolaan sistem kearsipan yang lebih baik, khususnya bagi USU dalam mendukung program-program peningkatan kualitas institusi.

Page 1 of 3

Cari Arsip

Kontak Kantor Arsip

instagram web.png usumail.png

Waktu Layanan Informasi Publik Selama WFO

  • Hari Senin—Kamis pukul 08:30—15:00 (istirahat pukul 12:00—13:00)
  • Hari Jum’at pukul 08:30—15:30 (istirahat pukul 11:30—13:00)